Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Shalat Sunnah Taubat Yang Benar

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Shalat Sunnah Taubat Yang Benar - Setiap manusia tentunya tidak akan lepas dari keslahan-kesalahan dalam tingkah laku, perkataan dan sebagainya, baik itu yang terasa atau di sengaja. Seperti kita sadari, bahwa manusia lahir ke alam dunia ini tidak di jadikan yang sempurna, sehingga dosa dan kesalahanpun pasti akan pernah di lakukan.

Bukan berarti bahwa allah swt memiliki sipat rohman dan rohim, lantas kita hanya bisa pasrah dan diam saja atas dosa-dosa yang di pernah di lakukan di masa lalu, kerena sebagian tugas dalam hidup ini yaitu berusaha dan berikhtiar, begitu juga ketika melaksnakan dosa maka di tuntut untuk segera menyesalinya dan memohon ampun dengan cara melaksanakan shalat taubat nasuha.

Untuk waktu shalat tabat ini, sebaiknya di laksanakan pada sepertiga malam atau lebih bagus di kerjakan setelah melakukan shalat tahajud. Karena waktu tersebut termasuk pada saat yang bagus untuk di jadikan waktu beribadah, sebab suasananya tenang dan nyaman sehingga beribadahkan akan lebih khusu.

Tata Cara  Niat Dan Bacaan Doa Shalat Sunnah Taubat Yang Benar

Tidak jauh berbeda dengan shalat lainnya, shalat taubat inipun di kerjakannya cukup sebanya 2 rakaat saja, yang di awali dengan niat di akhiri dengan salam, jika telah selesai, di anjurkan untuk memperbanyak membaca istighfar, dzikir tahmid dan bacaan lainnya, tujuannya agar allah swt senan tiasa mengampuni dosa kita.

Tata Cara Shalat Taubat Nasuha

Membaca Niat Shalat Taubat

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Usolli sunat-taubati rok'ataini lillahi ta'alaa.

Artinya : Aku Niat Shalat Sunat Taubat Dua Rakaat Karena Allah ta'alaa.

Niat ini di baca saat takhbirotul ikhram di laksanakan dan tidak boleh di tinggalkan, untuk tempat pengucapannya yaitu di dalam hati. Sementara untuk tata cara selanjutnya sama seperti shalat pada umumnya termasuk surat setelah fatihah yang di baca juga bebas, tetapi ada anjuran lebih baik pada rakaat pertama membaca surat Al-Kafirun, dan rakaat kedua setelah fatihah surat Al-Ikhlas.

Jika shalat sudah selesai di laksanakan, langsung di lanjut dengan membaca istigfar sebanyak 100 x.

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمِ

Astaghfirulloh hal 'adzim

Kemudian di lanjut dengan membaca

استغفرالله العظيم الذى لااله الاهو الحي القيوم واتوب اليه توبة عبد ظالم لايملك لنفسه ضراولا نفعا ولاموتا ولاحياة ولانشورا

اللهم أنت ربيى لااله الا انت خلقتنى واناعبدك وانا على عهدك ووعدك مااستطعت. اعوذبك من شرّ ماصنعت ابوء لك بنعمتك علىّ وابوء بذنبي فاغفرلى لايغفر الذّنوب الا انت

Artinya : Saya memohon ampunan, kepada Allah Yang Maha Agung, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang senantiasa hidup dan mengawasi, saya memohon taubat kepada-Nya sebagaimana taubatnya hamba yang dholim yang berdosa tidak memiliki daya upaya untuk berbuat madharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.

Setelah selesai membaca kalimat-kalimat di atas, langsung di lanjut dengan membaca doa shalat taubat, cukup bahasa arabnya saja, namun jika tidak faham sama sekali dengan arab boleh juga artinya atau terjemahaannya, berikut doa selengkapnya.

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

Allohumma inni asaluka taufiqo ahlil huda wa a'mala ahlit taubat wa ajma ahlis-sobri wa hida ahlil khosyati wa tholaba ahlir rogbati wa ta'abuda ahlil waro'i wa 'irfana ahlil 'ilmi hatta akhoofaka. Allohumma inni as aluka mukhofatan tahjurunii 'an ma'aasiika hatta a'mala bito'atika 'amala astahiqu bihi ridoka hatta sihaka fii taubati khaufan minka wa hatta akhlisolaka nasihata hubba laka wa hatta atawakkala 'alaika fa muri kulliha wa husnad donna bika. subhanaka khooliqi nuuri.

Artinya : Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.

Itulah pembahasan yang berkaitan dengan tata cara niat dan bacaan doa shalat taubat nasuha yang benar beserta waktu pelaksanaannya. Mudah-mudahan semua tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement