Cara Niat Dan Doa Shalat Taubat Nasuha Lengkap Bacaannya

Advertisement
Advertisement
Cara Niat Dan Doa Shalat Taubat Nasuha Lengkap Bacaannya - Panduan shalat taubat, pada dasarnya tidak begitu jauh dengan shalat kebiasaannya baik itu sunnah ataupun wajib, yang menjadi perbedaannya hanya terdapat pada lafadz niatnya saja beserta doa yang di baca sesudahnya.

Shalat taubat ini, sangat di anjurkan untuk di lakukan oleh setiap menusia yang merasa berdosa, bahkan perintah ini terdapat dalam hadist abu bakar assidiq, bahkan ke empat ulama mazhab pun sepakat dengan hal ini. apalagi jika mengingat manusia tentunya tidak akan lepas dari dosa selama hidupnya.

Adapun waktu untuk pelasanaan shalat taubat ini, sebenarnya boleh di lakukan kapan saja, tentunya dengan di segerakan, bahkan dalam hal ini tidak ada keterangan yang menhususkan kapan waktu pelaksaannya, tetapi jika melihat pada waktu yang baik yaitu di malam hari atau sepertiganya malam.

Cara Niat Dan Doa Shalat Taubat Nasuha Lengkap Bacaannya

Tidak hanya melaksanakan shalat taubat saja, namun ada syarat-syarat lain yang harus di penuhi oleh si pelakunya, yaitu shalat taubat harus di laksanakan dengan keikhlasan bukan karena dorongan orang lain atau hal-hal duniawi, menyesali atas dosa yang pernah di kerjakannya, tidak terus-menerus mengerjakan dosa, bertekad dengan sungguh-sungguh tidak akan mengulanginya lagi dan sahalat taubatnya di lakukan pada waktu di terimanya taubat dalam arti semasa ia hidup.

1. Niat Shalat Taubat

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Usolli sunnatat-taubati rak'ataini lillahi ta'alaa

Artinya : Saya berniat shalat sunat taubat 2 rakaat karena allah ta'ala

Untuk selanjutnya, tata cara shalat taubat ini sama dengan yang lainnya, di mana niat di ucapkan cukup di dalam hati saat takhbirotul ikhram di kerjakan, serta di akhiri salam, dan di lakukan cukup 2 rakaat. Adapun bacaan surat sebenar boleh apa saja yang penting aurat al-qur'an, tetapi lebih di sarankan jika pada rakaat pertama setelah fatihah membaca surat Al-Kafirun dan untuk rakaat ke 2 surat Al-Ikhlas,setelah selesai melaksanakan shalat taubat sebaiknya memperbanyak membaca istighfar, "ASTAGHFIRULLOH HAL ADZIM", Selanjutnya langsung membaca doa.

Doa Setelah Shalat Taubat

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

Allahumma inni as aluka ahlil hudaa wa'amaala ahlit-taubati wa'azma ahlis-sobri wahida ahlil hosyati wa tolaba ahlir-rogbati wata'abbuda ahlil waro'i wa 'irfana ahlil 'ilmi hatta ahoffaka. Allohumma inni as aluka muhofatan tahjujuni 'an ma'aasika hatta a'mala bitoo 'atika 'amalas tahiku bihi ridooka hatta unaa sihaka fii taubati khaufan minka wa hatta akhliso laka nasiihata hubbalaka wa hatta atawakkala 'alaika fal umuuri kulliha wahusnad dona bika subhanaka kholikin nuuri.

Artinya : Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.

Nah itulah pembahasan yang bersangkutan dengan niat doa dan cara shalat taubat beserta waktu pelaksaannya, mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini menjadi sebuah pengetahun yang bermanfaat, meskipun pembahasannya hanya sekilas saja.

Advertisement