Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Beserta Artinya

Advertisement
Advertisement
Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Beserta Artinya - Ketika kita melaksanakan puasa baik itu pada bulan ramadhan atau hari senin dan kamis bahkan puasa sunat lainnya, hal paling di tunggu-tunggu adalah segera tiba pada waktu berbuka, apalagi jika di malam harinya lupa akan makan sahur, sehingga waktu maghribpun menjadi saat yang spesial kedatangannya.

Selain menyiapkan segala sesuatu untuk di makan nanti, banyak juga aktivas yang di lakukan oleh orang-orang untuk menyambut datangnya waktu berbuka puasa, dan yang pasti agar rasa lapar dan waktu tidak terasa. Ada yang mengisinya dengan bermain, jalan-jalan bahkan mencari minuman atau makanan manis untuk takjil, bahkan yang telah membudaya di masyarakat indonesia sejak dulu adalah acara ngabuburit.

Tetapi tahukah kita pada bulan ramadhan ini segala sesuatu di nilai baik dan semua aktivitas akan di buahi dengan pahala yang berlipat ganda, sehingga segala halnya pun harus benar-benar di sertai dengan tata cara yang baik agar semakin melimpah pula berkah dari apa yang di lakukan.

Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Beserta Artinya

Salah satu cara yang di anjurakan yaitu membaca doa buka puasa ramadhan sebelum makan maghrib tentunya, dengan tujuan selain bersukur kepada allah atas nikmat yang telah di berikannya dan juga memohon agar di hari-hari kedepannya di kasih rizki lagi yang lebih berkah, berikut adalah doa selengkapnya.

Lafadz doa berbuka puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar-roohimiin.

Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Sedangkan untuk bacaan doa khusus ketika makan sahur, jujur saja hingga saat ini kami belum menemukannya, namun di antara mereka ada yang membaca niat puasa ramadhan yang lafadznya sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadzihis-sanato lillahi ta'alaa.

Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Tetapi ini sebenarnya bukan bacaan ketika sahur, tetapi lebih pada niat puasa ramadhan. Tetapi dari pada sama sekali tidak membaca doa alangkah baiknya jika pada sahur tersebut membaca doa makan yang biasa di amalkan yang bacaannya yaitu:

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma baarik lanaa fiima razaqtanaa waqinaa 'adzab-bannar.

Artinya : Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Sebaiknya jangan lupa untuk menghafal doa berbuka puasa dan makan sahur ramadhan beserta artinya yang benar, shahih, sunnah senin kamis, ganti (qadha), syawal, dzahaba, bersama, doa bulan ramadhan dan yang lainnya. Agar nanti pas waktunya datang, tinggal langsung mengamalkannya. Mudah-mudahan pembahasan ini banyak membawa manfaat bagi kita semua, amiin.

Advertisement