Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu Yang Benar

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu Yang Benar - Jika mengacu pada pengertiannya, wudhu itu berarti bersih dan indah, atau dengan kata lain membasuhkan air terhadap sebagian anggota tubuh dengan tata cara tertentu bertujuan untuk membersihkan hadast kecil. Aktivitas ini sangat lah ringan di kerjakan tetapi memiliki manfaat dan peran yang sangat besar sekali apalagi jika di hubungkan dengan masalah ibadah wajib dan sunat.

Ketika seseorang akan melakukan kewajiban terutama sholat, terlebih dahulu harus berwudhu karena ini termasuk salah satu syarat ibadah tersebut, dengan begitu tidak di katakan syah jika tidak mempunyai wudhu. Bahkan ada yang mengatakan, jika sesorang tidak pernah membatalkannya baik itu saat keseharian biasa hingga ketika mau tidur, maka syetan tidak akan bisa mendekatinya.

Dalam tata cara berwudhu yang baik selain harus memperhatikan ukuran banyaknya air yang telah di tentukan agama, bagian-bagian badan yang di basuh pun harus sampai pada ketentuan, terlebih hal paling pertama di lakukan adalah menghadirkan niat wudhu karena syah atau tidaknya wudhu tergantung pada hal tersebut. jika ingin mengetahui kesemuanya dengan baik, bisa dengan mempelajari kitab-kitab fikih yang membahas tentang permasalahan ibadah.

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu Yang Benar

Sudah pasti terdapat dalam setiap peribadah, ada yang di sebut rukun wajib ada pula kesunahan-kesunahannya, salah satunya yaitu dengan membaca doa sebelum dan sesudah wudhu. Meskipun berdoa ini tergolong pada sunat, tetapi sangat di anjurkan untuk di baca, apalagi jika kita tahu, segala sesuatu harus di sertai doa, dengan tujuan bukan hanya agar di berikan keberkan pada apa yang di lakukan tetapi juga mencerminkan diri sesorang yang taat kepada tuhannya. Sebagai mana judul di atas kami akan menuliskan doa yang di maksud di bawah ini secara lengkap baik itu dalam bahasa arab, latin dan juga artinya.

Doa Sebelum Berwudhu

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَ هذَاالْمَآءَ طَهُوْرًا رَبِّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَاَعُوْذُبِكَ رَبِّ اَنْ يَحْضُرُوْنِ

Alhamdulillahi ladzi ja'ala haadzal ma-a thihuuroo robbi innii a'uudzubika min hamazaathiini wa a'uudzubia robbi ayyahdluruni.

Artinya : Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini suci dan menyucikan. Ya Allah, aku mohon berilndung kepada Mu dari godaan syaiton dan aku mohon perlindungan-Mu dari godaan syaiton yang akan datang.

Doa Sesudah Atau Setelah Wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Assyhadu alla ilaaha illallohu wwahdahu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuuluhuu, alloohummaj'alnii minat-tawaabiina waj'alni minal mutathohiriina.

Artinya : Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci.

Bagi yang belum benar-benar faham dengan bacaan doa sebelum dan sesudah wudhu di atas, maka silahkan di hafal secara baik, karena ini akan selalu di amalkan, bahkan setidaknya lima kali dalam sehari semalam melafadzkan doa ini. Meskipun hanya sekilas saja mudah-mudahan memberi manfaat yang besar khususnya bagi penulis dan juga pembacanya, mohon maaf atas segala kehilafannya.

Advertisement