Bacaan Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Dan Tata Caranya Dalam Bahasa Arab

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Dan Tata Caranya Dalam Bahasa Arab - Haid meruapakan darah yang keluar dari rahim wanita sehat yang terjadi secara berkala atau secara rutin seperti sebulan sekali atau lebih. Maksud dari sehat di sini yaitu darah yang keluar bukan di sebabkan oleh penyakit dan bukan pula karena melahirkan atau setelahnya karena itu di sebut nifas bukan haid.

Tetapi ada suatu hal yang paling penting untuk di ketahui oleh setiap wanita khsusnya yang sudah baligh yaitu masa haid tersebut. seperti terdapat dalam kitab-kitab fiqih bahwa masa haid seorang wanita paling sedikit atau singkat selama sehari semalam (24 jam) dan paling lama yaitu 15 hari. Namun kebanyakan perempuan menempuh masa haidnya 6-7 hari atau seminggu.

Yang di maksud dengan masa haid di sini tolak ukurnya 24 jam jika keluar darah selama seminggu atau lima belas hari, namun satu harinya 1 jam atau beberapa saat saja sehingga jika di jumlahkan kurang dari 24 jam maka bukan darah haid tetapi di sebut dengan darah istihadah. Sehingga dengan begitu wanita harus benar-benar faham serta jeli ketika dia haid.

Bacaan Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Dan Tata Caranya Dalam Bahasa Arab

Sedangkan awal datangnya haid kepada wanita yaitu semenjak dia menginjak umur sembilan tahun taqribiyah (baligh) dan terhitung dengan tahun qomariah, yang di maqsud dengan taqribiyah yaitu 9 tahun kurang 16 hari sehingga jika wanita mengeluarkan darah setelah waktu tersebu maka di hukumi dengan had tetapi apabila keluarnya sebelum itu maka di sebut darah penyakit atau fasad. Lalu bagai mana jika keluarnya sebagian sebelum usia tersebut dan sebagiannya lagi setelahnya? maka darah yang keluar sebelumnya di sebut istihadah dan yang keluar sesudahnya di sebut dengan darah haid.

Bagi wanita yang sedang haid maka tidak di perbolehkan untuk melakuan sholat dan sejenisnya bahkan di larang pula berdiam diri di dalam mesjid, membawa quran dan menyentuhnya, ini merupakan kemurahan bagi setiap wanita dalam arti tidak di perlukan untuk mengqadhanya. Tetapi dalam hal ini perempuan harus jeli jangan sampai setelah selesainya haid dia tidak segera adus atau membersihkan diri karena setelah berhentinya darah tersebut di wajib lagi menjalankan ibadah-ibadah lainnya, bahkan mandi yang di maksud di sini pun berbeda dengan biasanya yaitu selain harus terbasuhi air seluruh badan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki tetapi juga harus membaca niat mandi wajib setelah haid.

Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirof'i khadatsil khaidi lillahi ta'aala.

Artinya : Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala.

Dalam tata cara mandi wajib ini sama dengan mandi pada umumnya namun harus lebih teliti jangan sampai ada bagian badan yang terlewat di cuci serta harus di segerakan untuk di lakukannya, hal ini juga sama seperti pada mandi besar lainnya misalnya setelah nifa dan junub yang membedakan dari ketiganya tersebut yaitu pada niatnya saja seperti halnya juga niat mandi junub serta yang lainnya.

Advertisement