Bacaan Doa Niat Mandi Wajib Junub Dan Setelah Haid Serta Tata Caranya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Niat Mandi Wajib Junub Dan Setelah Haid Serta Tata Caranya - Mandi wajib atau sering juga di sebut dengan mandi besar merupakan salah satu aktivitas yang wajib di laksanakan oleh setiap orang muslim baik itu laki-laki atau wanita setelah terjadi suatu hal tertentu yang di haruskannya untuk melakukan hal tersebut seperti telah selesainya masa haid, nifas hingga hingga setelah selesainya suami istri melakukan sesuatu baik atau tidak.

Hal ini di wajibkan karena jika seseorang masih dalam keadaan mempunya hadast besar di tubuhnya, maka ia tidak akan bisa melakukan berbagai aktivitas peribadahan baik yang wajib atau sunnah. Sebagai mana hal ini telah banyak di jelaskan dalam berbagai dalil dan juga keterangan-keterang jumhur ulama. Bahkan dalam sebuah hadist ada yang mengatakan bahwa ada tiga orang yang tidak akan di dekati oleh malaikat salah satunya yaitu orang yang masih junub.

Dalam tata cara melaksanakan mandi wajib ini berbeda dengan biasanya meski sama-sama menggunakan air, perbedaannya yaitu bagi siapapun yang melaksanakan mandi junub atau haid maka harus di awali dengan niat atau doa mandi wajib, yang mana niat tersebut di bacakan saat pertama kali salah satu tubuh terkena air, baik itu tangan atau yang lainnya, dan jika niat ini tidak ada maka tidak berbeda dengan mandi biasanya.

Bacaan Doa Niat Mandi Wajib Junub Dan Setelah Haid Serta Tata Caranya

Selanjutnya membasuh bagian kepala hingga air tersebut masuk ke bagian-bagian rambut alangkah baiknya jika sambil di gosok-gosok memakai jari tangan. Lakukanlah hal tersebut hingga kita merasa yakin bahwa seluruh tubuh telah terbasuh oleh air dan bersih, alangkah bainya jika di lakukan hingga 3 kali basuhan atau lebih agar lebih sempurna boleh juga pakai sabun atautidak tergantung kesukaan saja. Dan berikut adalah niat selengkapnya.

Niat Mandi Wajib Setelah Haid Khusus Bagi Wanita

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirof'i khadasil haidi lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala

Niat Mandi Wajib (Mandi Besar) Junub

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirof'i khadasil akbari fardhan lillahi ta'aala.

Artinya : "Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala."

Nah bacaan niat doa mandi wajib ini hars benar-benar kalian hafal sebaik mungkin, karena pasti setiap orang pun akan mengalaminya apalagi mereka yang telah sampai pada usia baligh dan sudah menikah, tentunya aktivitas ini akan lebih sering di lakukan, maka silahkan pelajari dengan seksama.

Advertisement