Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Wajib Di Bulan Ramadhan

Advertisement
Advertisement
Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Wajib Di Bulan Ramadhan - Puasa ramadhan merupakan salah satu ibadah tahunan yang wajib di laksanakan bagi umat islam yang sudah baligh, berakal serta tidak ada halangan. Tidak ada perbedaan dengan yang lainnya, puasa wajib ini di laksanakan semenjak keluarnya fajar atau subuh hingga tenggelamnya matahari atau maghrib.

Jika seseorang berani meninggalkannya dengan di sengaja, maka bisa di pastikan dosa yang sangat besar karena dia berani meninggalkan kewajiban yang termasuk pada rukun islam yang lima setelah shalat. Bahkan jika dia dengan sengaja meninggalkan kewajiban ini tanpa ada sebab yang telah di syariatkan, keislamannya pun perlu di pertanyakan kembali.

Maka dari itu jangan sekali kali menyepelekan ibadah wajib ini, apalagi bagi orang telah sampai pada umur baligh, sehat, dan beakal, berarti jika berani meninggalkannya termasuk pada kategori tidak mempunyai akal atau gila, tidak sehat atau sakit jiwa dan badannya, belum baligh atau masih kanak-kanak dan yang lainnya.

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Wajib Di Bulan Ramadhan

Namun meskipun termasuk pada puasa wajib, ada kemurahan bagi orang yang berhalangan untuk melaksanakannya dan ini sudah di tentukan dalam syariat, tetapi tetap harus menggantinya atau mengqadha di hari-hari yang lainnya selain di bulan ramadhan. Dan berikut di antaranya hal yang membatalkan puasa.

1. Bagi Wanita Yang Sedang Haid

2. keluarnya air mani karena di sengaja seperti dengan bersentuhan atau melalui usaha tangan, berbeda jika keluarnya karena mimpi maka tidak membatalkan puasa.

3. Bagi wanita yang sedang menalani masa nifas.

4. Gila.

5. Murtad

6. Muntah karena di sengaja bukan karena sakit

7. Mengobati kemaluan dan dhubur

8. Melakukan hubungan suami dan istri

9. Makan Dan Minum

Bagaimana jika menangis.? menangis sebenarnya tidak membatalkan puasa, namun harus di lihat dari menangisnya tersebut jika karena menyesali dosa maka tidak apa-apa, tetapi jika karena sesuatu yang tisak bermanfaat misalnya karena di putusin pacar maka akan mengurangi pahala puasa.

Nah setelah kita mengetahui semua yang membatakannya, maka mari kita jaga sebaik mungkin agar puasa tersebut sempurna dan di terima di sisi allah swt. Dan berikut adalah niat puasa ramadhan yang bisa di pelajari dengan seksama terutama bagi yang lupa lagi dengan bacaannya.


Advertisement