Bacaan Niat Puasa Ramadhan Nawaitu Dan Doa Berbukanya Dalam Bahasa Arab Lengkap Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Puasa Ramadhan Nawaitu Dan Doa Berbukanya Dalam Bahasa Arab Lengkap Artinya - Puasa di bulan ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang harus di laksanakan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, terutama bagi mereka yang sudah baligh, berakal dan juga sehat serta mampu atau kuat melaksanakannya tanpa ada halangan yang di benarkan oleh syariat.

Jika seseorang berani meninggalkannya tanpa ada sebab, maka untuknya adalah dosa, berbeda halnya bagi orang yang mempunyai halangan misalnya sakit, dalam perjalanan atau wanita yang sedang haid dan semisal nya, maka ada kemurahan di perbolehkan untuk berbuka puasa, tetapi tetap di hari lain di haruskan untuk menggantinya atau menqadhanyanya, sebanyak yang di tinggalkannya.

Di karenakan puasa ramadhan ini merupakan ibadah yang di wajibkan, maka syarat dan rukunnya tidak boleh tertinggal salah satunya adalah niat puasa wajib ramadhan. Karena jika seseorang meninggalkannya baik itu di sengaja atau lupa tetap harus mengqadha, serta di siang harinya di anjurkan untuk menahannya tidak boleh berbuka, sebagaimana halnya orang yang berpuasa secara sempurna.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Nawaitu Dan Doa Berbukanya Dalam Bahasa Arab Lengkap Artinya

Maka dari itu para ulama, membudayakan atau membiasakan membacakan niat ini setelah selesai shalat tarawih, hal itu di lakukan untuk menghindari lupa akan niat tersebut, sehingga bagi mereka yang melakukan shalat sunnah ini mendapatkan dua keuntungan yang pertama ganjaran tarawih dan yang kedua terhindar dari lupa membaca niat puasa ramadhan, oleh karena itu jangan lah sampai tertinggal melakukan tarawihnya dengan berjamaah.

Niat Puasa Wajib Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma gh 'AN odin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona haadzihis-sannati lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Lafadz Doa Berbuka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka sumtu wabika aamantu wa'ala rizqika afthortu biroh matika yaa arhar-rohimin

Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Waktu mengucapkan niat puasa ramadhan ini sedikit berbeda dengan yang sunnah misalnya niat puasa asyura dan tasu'a yaitu di waktu malam hari hingga di mulainya waktu puasa, sedangkan dalam puasa sunnah menurut sebagian pendapat bisa di niatkan pada siang hari sebelum dzuhur.

Advertisement