Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Dan Bacaan Doanya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Dan Bacaan Doanya - Sholat tahajud merupakan salah stu dari sekian banyaknya sholat sunnah yang langsung di contohkan oleh baginda rosul semasa hidupnya, yang mana memiliki syarat-syarat tertentu yang harus di lakukan bagi orang yang hendak melaksanakannya yaitu harus melakukan tidur terlebih dahulu serta ini menjadi syarat mutlak yang tidak boleh di tinggalkan meskipun tidurnya tersebut hanya sejenak saja, serta di lakukan pada malam hari karena bukan sholat tahajud jika di laksanakan siang hari.

Banyak sekali tersimpan keistimewaan serta keutamaan sholat tahajud yang bisa di dapatkan oleh siapa saja yang mau melakukan sholat ini secara dawam atau rutin setiap malam seperti halnya semuanya doanya akan cepat terkabul, di tempatkan di tempat yang teruji, di tinggikan derajatnya, mendapatkan kemuliaan, menambah kecerdasan otak, menambah kan kesehatan serta menjaga kekebalan tubuh serta banyak lagi yang lainnya.

Meskipun termasuk shalat sunnah yang memiliki berbagai kelebihan, bukan berarti tahajud ini berbeda dengan shalat lainnya, baik itu dari segi tata cara melaksanakannya, bacaannya juga gerakannya, karena tidak ada perbedaan sedikitpun yang membedakannya hanyalah terletak pada niat sholat tahajud saja serta waktu pelaksanaannya. Adapun untuk jumlah rakaat shalat sunnah ini paling sedikit 2 rakaat hingga 12 rakaat, namun jika masih mampu dari itu maka menurut sebagian pendapat bisa tambah hingga hingga hitungan rakaatnya tidak terbatas.

Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Dan Bacaan Doanya

Tetapi alangkah baiknya jika semampunya saja asal khusu melaksanakannya, kare sebaik-baiknya sholat adalah yang khusu. Dalam arti tujuan sholat tersebut karena alloh bukan karena sesuatu serta ketika melakukannya pikiran dan hati tidak memikirkan hal-hal lainnya. Untuk panduan atau tata caranya bisa di simak di bawah ini.

1. Niat Shlat Tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

USHALLII SUNNATAN TAHAJJUDI RAK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'AALAA.

Artinya : Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala

2. Takhbirotul ikhram

Yaitu mengangkat kedua tangan hingga bahu atau telinga sambil mengucapkan lafadz allhuakhbar.

3. Membaca doa iftitah namun ini termasuk sunnah sholat tidak termasuk rukun sholat jadi jika tidak sempat maka tiad di bacapun tidak apa-apa.

4. Membaca surat fatihah dari awal hingga akhir dan ini tidak boleh di tinggalkan karena menjdi rukun

5. Membaca salah satu surat dari al-qura'an, Dalam hal ini sesuai kemampuan saja.

6. Selanjutnya Ruku sambil memba doa ruku

7. Berdiri sambil mengangkat tangan dan mengucapkan allohuakhbar untuk melakukan 'itidal

8. Sujud

9. Duduk di antara dua sujud

1o. Sujud lagi

Setelah itu berdiri untuk melakukan rakaat kedua, dan untuk tata cara dan bacaannya sama seperti yang pertama yang kemudian di tutup dengan salam. Dan untuk rakaat lainnya juga sama di lakukan seperti ini yaitu setiap 2 rakaat 1 kali salam.

Yang terakhir membaca doa sholat tahajud yang bacaannya sebagai berikut :


اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya : “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Bacaan doa setelah tata cara sholat tahajud yang kami tulis ini hanya sebagai referensi saja, jika mau di tambah dengan yang lainnya maka silahkan sesuai kemampuan masing-masing saja. Nah itu saja yang bisa kami bagikan seputar tata cara sholat tahajud beserta niat dan doanya, mudah-mudahan bisa menjadi sebuah dorongan khusunya bagi para pembaca untuk senan tiasa melaksanakannya setiap malam.

Advertisement