Bacaan Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Dan Tata Caranya Yang Benar

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Dan Tata Caranya Yang Benar - Sholat hajat termasuk salah satu sholat sunnah yang di laksanakan ketika seorang mempunyai keinginan atau sedang berencana sesuatu yang baik dan hal tersebut ingin cepat terlaksana (terkabul) serta berada dalam ridha yang maha kuasa dengan penuh keberkahan, maka dengan cara melakukan sholat ini insyaallah apa yang di maksudpun akan segera terlaksana, tentunya dengan izin allah.

Dalam tata cara sholat sunnah hajat ini tidaklah berbeda dengan yang lainnya baik itu tahajud, dhuha, istikharah serta witir yaitu di awali dengan bacaan takhbirotul ikhram dan di akhiri dengan salam, sedangkan untuk bacaan dan gerakannya tidak ada perbedaan, namun ada sebuah bacaan yang di anjurkan yaitu ketika membaca surat setelah fatihah untuk membaca surat al-kafirun 3x dan al-ikhlas 3x pada rakaat pertama, dan untuk rakaat kedua membaca ayat kursi 1x dan al-ikhlas 1x.

Juga terdapat pada bacaan niat sholat hajat yang mana niat ini menjadi pembeda antara satu sholat dengan yang lainnya baik itu yang di sunnahkan atau yang di fardlu kan, serta termasuk pada rukun yang tidak boleh di tinggalkan sama juga seperti pada tata cara sholat dhuha serta yang lainnya.

Bacaan Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Dan Tata Caranya Yang Benar

Sementara untuk waktu pelaksanaannya yaitu boleh di lakukan kapan saja, tetapi lebih di utamakan di lakukan pada pertengahan malam sekita pukul setengah satu malam hari. Sebab selain menjadi waktu yang bagus untuk beribadah tetapi juga suanan malam lebih terasa tenang maka segala aktivitas ibadahpun akan lebih berkonsentrasi dan khusu. Setelah selesai melaksanakan sholat hajat ini alangkah lebih baiknya jika di akhiri dengan bacaan doa khusu seperti halnya sebagai berikut.

doa sholat hajat

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya : Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

Bacaan lafadz doa setelah sholat hajat ini sebaiknya di hafal secara baik, karena bagaimanapun pasti suatu saat akan membutuhkannya, mengingat sudah di pastikan setiap manusia tidak akan pernah luput dari keinginan, maksud atau hajat. mudah-mudahan bacaan doa setelah sholat sunnah hajat dan tata caranya yang benar dan yakin dalam tulisan latin, bahasa arab dan artinya, mp3, pdf serta yang lainnya.

Advertisement