Bacaan Niat Sholat Tahajud Yang Benar Dan Cara Mengejakannya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Sholat Tahajud Yang Benar Dan Cara Mengejakannya - Niat merupakan sebuah keinginan untuk melakukan sesuatu yang hanya di tujukan kepada alloh swt, serta kemauan tersebut keluar dari hati bukan hanya dari ucapan saja. Bagi seluruh umat manusia hadirnya niat ketika akan melakukan berbagai hal merupakan suatu keharusan, sebab mendapat nilai baik atau buruknya suatu yang di kerjakan tergantung dari niatnya itu sendiri.

Bahkan karena niat ini termasuk sesuatu yang memiliki derajat tinggi, di dalam peribadahan islam di jadikan sebagai syarat penting yang tidak boleh di tinggalkan baik itu dari ktegori puasa hingga sholat baik yang di wajibkan atau yang termasuk sunnah seperti halnya dalam sholat tahajud, yang termasuk sholat sunnah yang di kerjakan malam hari.

Niat dalam sholat tahajud termasuk rukun pertama yang harus di lakukan, syah atau tidaknya sholat tersebut tergantung dari niatnya, sebab tidak ada sholat jika tidak ada niat. Maka dari itu sangat penting bagi setiap umat muslim untuk memahami bagai mana bacaan tersebut agar bisa melaksanakannya dengan sempurna.

Bacaan Niat Sholat Tahajud 2, 4, 8, 11 Rakaat Dan Cara Mengejakannya

Namun bukan hanya niat sholat tahajud saja yang mesti di ketuhui, tetapi niat segala peribadahan harus secara mendalam di pahami misalnya untuk sholat dhuha, istikharah, witir, taubat, puasa senin kamis dan yang lainnya, namun alangkah baiknya juga jika paham beserta doanya.

Niat Sholat Tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqhbilal qiblati lillahi ta'ala.

Artinya : Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala

Untuk tata cara sholat tahajud sebenarnya tidak ada perbedaan dengan sholat pada umumnya, mulai dari gerakannya hingga bacaannya yaitu setiap 2 kali rakaat 1 kali salam, begitu juga jika sholat tahajud 4 rakaat berarti 2 kali salam dan seterusnya. Jika telah selesai melaksanakannya sebaiknya di tutup dengan bacaan doa sholat tahajud serta bacaan lainnya seperti dzikir atau membaca shalawat.

Nah itulah sedikit uraian tentang niat pada sholat tahaju, meskipun pembahasannya sangat ringkas, mudah-mudahan aja bermanfaat.

Advertisement