Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Latin Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Latin Dan Artinya - Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang di kerjakan pada malam hari (sholat malam) serta termasuk yang sangat di anjurkan oleh baginda rosul, sebab di dalamnya terdapat berbagai keutamaan serta keistimewaan di banding sholat sunnah lainnya di antaranya yaitu bisa lebih mendekatkan diri kepada allah sebab di laksanakannya di waktu yang sunyi, di kabulkannya doa, di angkat derajatnya menjadi orang yang terpuji serta menjauhkan diri dari lalai.

Berbeda dengan yang lainnya, shalat sunnah tahajud ini memilki syarat tertentu yang harus de kerjakan oleh seseorang yang hendak melaksanakannya, yaitu di haruskan untuk tidur terlebih dahulu meskipun hanya sebentar dan ini menjadi salah satu syarat sahnya sholat tahajud, jika tidak ada tidur maka tidak ada sholat tahajud dan mungkin termasuk shalat sunnah biasa.

Meskipun begitu, dalam tuntunan atau tata cara serta bacaan yang di lafadzkan saat melaksanakan sholat tahajud ini tidak jauh berbeda dengan yang lainnya, dalam arti sama halnya seperti tata cara sholat dhuha dan sholat sunnah lainnya, sedang titik perbedaannya hanya terletak pada waktu serta niatnya saja. Sementara waktu yang baik untuk mengerjakan sholat tahajud ini yaitu sepertiga malam atau kira-kira pukul satu hingga pukul 3 dini hari.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud  Lengkap Latin Dan Artinya

Adapun untuk jumlah rakaat dalam sholat tahajud ini yaitu minimal 2 rakaat dan maksimalnya tidak terbatas, sesuai kemampuan saja asal satu kali salam 2 rakaat, jika ingin lebih banyak maka itu lebih bagus tetapi bukan bukan berarti 2 rakaat itu tidak baik, karena setiap shalat terutama yang di wajibkan dan di sunnah kan pasti menyimpan kebaikan di dalamnya. Setelah selesai mengerjakan sholat tahajud maka di anjurkan langsung membaca doa seperti :

Doa Sholat Tahajud Dan Artinya

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allohumma lakal hamdu antaqoyyimus-samaawati wal ardi wa man fi hi-inna, wa lakal hamdu anta malikussamaa waati wal ardi wa man fiihiina, wa lakal hamdu antan-nurus-samawaati wal ardi wa man fiihiina, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu waliqaa'ukal haqqu, wa qaulukal haqqun, allohumma laka aslamtu wa bika aamantu wa 'alaika tawakaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khasamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirli maa qadamtu. wa maa akh-khartu wa maa asrortu, wa ma 'alaitu wa maa anta a'lamubihinni antal muqodimu wa antal muakhiru laa ilaaha illaa anta wa laa haula wa laa quwwata illa billah.

Artinya : “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Lafadz atau bacaan doa sholat tahajud di atas termasuk bacaan doa yang pendek, maka dari itu bisa kalian tambahkan kalimat-kalimat lain yang kalian bisa. Mungkin hanya itu saja pembahasan seputar sholat tahajud ini, meskipun sangat singkat, mudah-mudahan banyak manfaatnya, serta bisa di amalkan dengan baik.

Advertisement